Dealer Toyota Bandung

Compass corp
Benarkah Mobil Matic Tak Boleh Didorong atau Diderek?

Informasi ini beredar di kalangan pengendara maupun pemilik mobil bertransmisi matic. Katanya, mobil yang menggunakan transmisi matic akan mengalami kerusakan jika dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain dengan cara didorong atau diderek dalam keadaan mesin mati. Makanya, banyak pengendara yang khawatir dan akhirnya tidak menggeser mobil matic-nya saat mengalami mogok di jalan, meskipun ketika itu kondisi jalan kurang aman.

Kekhawatiran itu bermula dari pemahaman bahwa pelumasan komponen-komponen di transmisi matic sangat mengandalkan cairan hidrolis atau minyak transmisi otomatis. Nah, cairan hidrolis itu baru bersirkulasi ketika mesin dihidupkan. Sebab, untuk men-sirkulasikan cairan tersebut, dibutuhkan pompa hidrolik yang baru bisa bekerja pada saat mesin hidup.

Memang benar bahwa peredaran cairan hidrolis untuk melumasi komponen-komponen dalam transmisi sangat membutuhkan pompa hidrolis yang baru bekerja saat mesin hidup. Tetapi, bukan berarti transmisi akan mengalami kerusakan jika mobil dipindahkan ke tempat lain dalam keadaan mesin mati, terutama dengan mengikuti poin berikut:

1.Untuk sekadar didorong / digeser dari tengah jalan ke tepi jalan atau tempat yang lebih aman, tidak akan ada pengaruh apa-apa terhadap kondisi transmisi matic.

2.Untuk pemindahan mobil dengan cara diderek juga tidak berpengaruh apa-apa sepanjang penderekannya memperhatikan kecepatan dan jarak tempuh yang telah ditentukan masing-masing ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merk). 
3. Saat didorong atau diderek, pastikan posisi tuas transmisi pada posisi N (Netral).

Jika mobil Anda dibeli di jaringan Astra tentu akan lebih aman dan nyaman. Yang pasti, seandainya pun mogok di jalan, cukup menghubungi AstraWorld di 500 898 (fixed line) atau 89 898 (ponsel). AstraWorld akan segera membantu dengan memberikan layanan Emergency Roadside Assistance (ERA) AstraWorld. Mobil hanya perlu didorong sedikit saja, dan bila perlu penanganan lebih lanjut akan langsung dinaikkan (digendong) oleh mobil towing AstraWorld untuk dibawa ke bengkel.

 

Sumber:

 

Pilih Mobil

Contact Us

Kontak Sales Toyota

Sales I
FACHMI

Phone 0813 222 777 12
022-7240 1850
BB Pin

2363DC84

Kirim Email

Sales II
DIAR

Phone 082 115 939 601
022-9597 9566
BB Pin

32A3DC4A

Kirim Email

Info Toyota

Dealer Toyota Bandung

Toyota-Bandung.com - Memberikan Solusi & Pilihan Kendaraan Anda