Tips Menghemat Biaya Operasional Mobil

Category: Perawatan Created on Thursday, 22 September 2011 Last Updated on Thursday, 22 September 2011 Published on Thursday, 22 September 2011 Written by Administrator

Bagi anda yang telah memiliki kendaraan khususnya mobil, umumnya perawatan yang akan anda keluarkan untuk memelihara kendaraan anda tidaklah sedikit, hal ini tentu saja akan menguras isi kantong anda, akan tetapi anda masih bisa melakukan penghematan dengan langkah-langkah sederhana berikut :

  • Jangan memanaskan mesin terlalu lama
    Kebiasaan memanaskan mesin itu baik, tapi jangan terlalu lama. Karena bensin yang terbakar itu tidak membawa anda kemana-mana. Lagipula mobil lebih cepat panas ketika dikendarai. Apalagi teknologi mobil sekarang tidak membutuhkan waktu pemanasan bermenit-menit.
  • Hati-hati dengan root rack
    Mungkin tidak pernah terpikirkan oleh anda bahwa menempatkan barang di roof rack akan menyebabkan bensin menjadi lebih boros. Hal ini disebabkan oleh terganggunya aliran udara akibat penempatan barang pada roof rack dan itu menyebabkan mesin harus bekerja lebih keras dan ini berarti bensin akan lebih banyak keluar.
  • Perlakukan mobil secara lembut
    Jalankan mobil dengan lembut dan halus. Bawalah mobil ke kecepatan yang ideal dengan cepat tetapi jangan kasar. Usahakan untuk stabil di kecepatan itu. Ini akan menghemat bensin. Hindari kebiasaan ngebut dan ngerem berulang-ulang. Menurut Environmental Protection Agency USA, kecepatan paling ekonomis berkisar 40 km/jam hingga 100 km/jam. Menjalankan mobil dengan lembut, bukan saja menghemat bensin tetapi juga memperpanjang umur mesin, transmisi dan rem.
  • Rawat teratur
    Kebiasaan merawat mobil termasuk ganti oli secara teratur pada akhirnya akan menekan biaya operasional, karena mobil beroperasi dalam kondisi puncak dan jarang rusak. Mesin yang tidak di tune up menyerap bensin 10% sampai 20% lebih banyak dari yang rajin dirawat. Mesin-mesin modern yang dikontrol komputer memang tidak membutuhkan tune up sesering mesin lama, tapi tetap harus dirawat. Pastikan mobil dirawat sesuai jadwal yang ada pada buku manual. Bertindak sigap ketika mendengar atau merasakan suara, getaran dan bau yang berbeda, akan banyak membantu mengurangi risiko kantong kering.
  • Pakai bahan bakar sesuai dengan yang direkomendasikan oleh pabrikan
    Jika mobil anda dirancang untuk memakai premium, ya beli premium. Membeli bensin yang lebih mahal tidak memberi keuntungan yang signifikan. Hanya saja, hati-hati dengan premium bertimbal yang masih saja dijual Pertamina. Bensin ini cenderung menghasilkan timbunan kerak di ruang bakar dalam jangka panjang.
  • Perikasa ban Mobil
    Seringkali pengendara lalai memeriksa ban mobil. Padahal ban yang kurang tekanan anginnya membutuhkan energi lebih besar untuk menggulirkannya, selain lebih cepat aus. Cek ban mobil anda minimal sebulan sekali pada kondisi dingin. Tekanan yang direkomendasikan biasanya tertera di buku manual ataupun di bagian dalam mobil. Kebiasaan ini akan memperpanjang umur ban yang sekarang harganya cukup mahal.

 

Sumber:

Hits: 2386