Perawatan Jok Mobil, Agar Pengemudi dan Penumpang Merasa Nyaman

Category: Perawatan Created on Thursday, 22 September 2011 Last Updated on Thursday, 22 September 2011 Published on Thursday, 22 September 2011 Written by Administrator

Interior yang bersih dapat memberikan rasa nyaman bagi pengemudi dan penumpang. Salah satu yang dapat memberikan rasa nyaman pengemudi dan penumpang bila berada di dalam kendaraannya adalah kebersihan jok mobil. Memang untuk membersihkan interior yang satu ini membutuhkan kesabaran ekstra daripada merawat bagian luar mobil. Disamping itu perlu peralatan memadai yang harus disiapkan untuk melakukan perawatan yang optimal. Untuk memudahkan sebelum membersihkan jok, lepaskan jok terlebih dahulu dari kabin. Berikut tips yang dapat diambil untuk membersihkan jok mobil Anda :

Jok dari bahan kain

  1. Bersihkan terlebih dahulu debu yang menempel dengan vacuum cleaner.
  2. Selanjutnya gunakan cairan pembersih jok khusus bahan kain untuk menghilangkan noda yang menempel. Caranya : gunakan sikat gigi atau sikat kecil. Bisa juga dengan busa yang lembut.
  3. Setelah noda hilang bersihkan kembali dengan shampo khusus bahan kain. Caranya : sikatlah jok dengan sikat yang halus dengan arah beraturan dari atas ke bawah. Ingat ! Jangan gunakan shampo terlalu banyak agar busanya tidak berlebih dan tidak terlalu lembab.
  4. Kemudian keringkan dengan kain katun yang kering ke seluruh bagian merata.
  5. Keringkan jok di bawah sinar matahari sampai benar-benar kering.

Jok dari bahan kulit

  1. Semprotlah jok dengan air hangat agar permukaan pori-pori kulit terbuka. Caranya : taruhlah air hangat di dalam kaleng spray yang dapat disemprotkan. Kemudian semprot ke seluruh bagian kulit. Lakukan penyemprotan air hangat pada jok satu per satu.
  2. Selanjutnya gosok jok dengan kain katun hingga bersih. Kemudian gunakan minyak pembersih jok kulit untuk membersihkan noda yang tidak bisa dibersihkan dengan air.
  3. Lalu lap dengan kain katun sampai bersih. Berikan conditioner jok kulit untuk perawatan lalu bersihkan kembali dengan kain katun.
  4. Lakukan perawatan jok kulit sekurang-kurangnya dua minggu sekali.

 

Sumber:

Hits: 3053