Bagian-bagian Penting Jalan Tol

Category: Driving Created on Thursday, 22 September 2011 Last Updated on Thursday, 22 September 2011 Published on Thursday, 22 September 2011 Written by Administrator


Anda tentu sering mengemudi di jalan tol. Bagian-bagian penting jalan tol perlu Anda ketahui agar perjalanan Anda nyaman dan aman.

Jalan Penghubung : jalan yang menghubungkan jalan tol dengan jalan raya biasa.

Gerbang Tol : tempat Anda mengambil tiket tol atau membayar uang tol.

Simpang Susun : jalan layang yang berada di atas jalan tol atau jalan lainnya.

Rambu Lalu Lintas : rambu-rambu dan penunjuk jalan, yang memberikan peringatan maupun informasi arah jalan kepada Anda.

Alat Panggil Darurat : alat komunikasi bagi Anda untuk menginformasikan gangguan yang Anda alami di jalan tol kepada petugas.

Penahan Silau : alat yang digunakan untuk menahan pantulan lampu dari arah berlawanan, sehingga tidak mengganggu pandangan Anda dalam mengemudi.

Guardrail : pagar pengaman yang membatasi antara jalan tol yang berlawanan arah. Hal ini untuk menghindari tabrakan dari arah yang berlawanan, jika terjadi kecelakaan.

Tempat Peristirahatan : tempat khusus di jalan tol yang dapat Anda gunakan untuk beristirahat jika mengalami kelelahan atau mengantuk dalam perjalanan. Tempat ini juga dilengkapi toilet, musholla dan kantin.

Bahu Jalan : tempat kendaraan berhenti dalam keadaan darurat ketika mengalami gangguan pada kendaraan. Anda tidak diperkenankan mendahului kendaraan lain melalui jalur ini.

Median : jarak pemisah antar jalan tol yang berlawanan arah. Biasanya dilengkapi dengan Guardrail dan penahan silau.

Jalur 1-2-3 : jalur 1 untuk jalur lambat (biasanya untuk kendaraan truk dan bus), jalur 2 untuk kendaraan dengan kecepatan yang lebih cepat, dan jalur 3 adalah jalur untuk mendahului kendaraan yang ada di depannya.


Sumber: Toyota Astra

Hits: 1504