Tips Terhindar Dari Montir Nakal

User Rating: Rating Star BlankRating Star BlankRating Star BlankRating Star BlankRating Star Blank / 0
PoorBest 

Waktu mobil tiba-tiba batuk-batuk atau bahkan ngadat dan tidak tahu apa yang harus dilakukan, saat itu kita benar-benar membutuhkan belas kasihan seorang montir. Pada kondisi seperti itu konsumen rentan dipermainkan montir nakal. Satu-satunya cara terhindar dari tipu muslihat mereka adalah mendapatkan montir yang baik. Inilah kiat-kiat sederhana untuk mendapatkan montir baik hati.

  • Tanya teman dan keluarga, siapa yang mereka rekomendasikan, termasuk spesialisasinya apa.
  • Ketika di bengkel, perhatikan cara mereka menangani konsumennya. Adakah mereka memberi perhatian penuh ketika konsumen mengeluhkan gejala-gejala penyakit mobilnya. Bagaimana mereka menjelaskan semua alternatif perbaikan dan memberikan kesempatan untuk berdiskusi. Bila mereka melakukan dengan setengah hati, cari yang lain.
  • Bila sudah memutuskan untuk menggunakan jasa montir, mintalah segala sesuatu mulai dari estimasi biaya, jenis kerja, penggantian part dan jaminan garansi (bila ada), dibuat tertulis. Ini untuk menghindari kejutan-kejutan ala mekanik seperti pembengkakan biaya atau waktu kerja yang molor. Bila montir menolak melakukan hal itu, ada baiknya pilih montir lain.
  • Untuk perbaikan besar, mintalah montir untuk mencantumkan biaya maksimum yang mungkin terjadi. Bengkel juga harus mendapat persetujuan anda bila harus melakukan pekerjaan tambahan yang melebihi waktu atau biaya yang sudah disepakati
  • .
  • Mintalah montir untuk menuliskan secara spesifik jenis kerja yang harus dilakukan berkaitan dengan gejala yang anda sampaikan.
  • Disarankan untuk meminta kembali part lama yang diganti. Anda jadi benar-benar yakin bahwa komponen baru telah terpasang, sekaligus tahu bahwa komponen itu memang perlu diganti.
  • Bila perbaikan sudah dilakukan, cobalah mengendarai mobil untuk memastikan semua gejala yang dikeluhkan sudah hilang. Bila anda merasa puas, mintalah salinan lengkap tentang perbaikan yang dilakukan, part yang diganti, biaya yang dikeluarkan dari montir. Catatan ini bisa dijadikan arsip dan bermanfaat untuk perawatan mobil di masa akan datang.
  • Medical record itu juga berguna bila mobil itu dijual kelak. Calon pembeli akan merasa bahwa mobil dirawat dengan semestinya dan mereka tidak ragu lagi membeli mobil itu.

Kebanyakan montir mobil jujur dan kompenten dengan pekerjaan. Bila anda puas dengan kerja mereka, bisa dijadikan langganan. Sarankan pula rekan dan keluarga untuk menggunakan jasa mereka. Tapi kalau anda merasa mereka tetap saja tukang kibul, cari yang lain.

 

Sumber:

Hits: 2545