Mengenali komponen-komponen Clutch

User Rating: Rating Star BlankRating Star BlankRating Star BlankRating Star BlankRating Star Blank / 0
PoorBest 

Clutch/kopling yang baik adalah clutch yang mampu bekerja sesuai fungsinya, jika tidak maka kenyamanan berkendara akan berkurang. Selain itu, clutch yang kualitasnya jelek dapat menguras isi kantong dan mempercepat umur kendaraan.


Torsion rubber yang terdapat pada clutch disc asli Toyota berfungsi mengurangi getaran, mengamankan waktu start dan pergantian gigi (gear). Karena Clutch Toyota menggunakan torsion rubber dan spring yang bermutu tinggi.


Komponen disc spring yang terletak diantara clutch facing cushion shocks, berfungsi memperhalus gerakan kendaraan pada waktu start dan pada waktu pergantian gigi. Komponen facing asli Toyota pada disc spring ini tetap memberikan koefisien gesekan yang lebih stabil dari clutch imitasi, walaupun dalam temperatur tinggi. Dan kandungan diagram spring berfungsi untuk memberikan rasa nyaman pada pedal clutch. Dengan alat ini tingkat tekanan pada kopling menjadi ringan.

Beberapa faktor yang menentukan mengapa clutch harus diganti, misalnya dengan :

  1. Mendengarkan suaranya. Adanya suara tidak normal atau berisik pada waktu clutch bekerja menandakan Anda harus menggantinya.
  2. Merasakan getarannya. Jika tiba-tiba clutch menimbulkan getaran, serta berkurangnya tenaga kendaraan pada waktu menanjak, itu pun menandakan bahwa clutch harus diganti.
  3. Terakhir, clutch harus diganti, jika pemakaian bahan bakar menjadi boros.

 

 

Sumber:

Hits: 2911