Pahami Mesin Melalui Oli

User Rating: Rating Star BlankRating Star BlankRating Star BlankRating Star BlankRating Star Blank / 0
PoorBest 

Berbagai cara bisa dilakukan untuk mengetahui kondisi mesin mobil anda. Salah satunya adalah dengan memperhatikan warna oli. Dari warna-warna inilah anda bakal mengetahui apa yang terjadi dalam mesin kendaraan lesayangan anda.

1. Coklat Agak Kekuningan
Ini terjadi pada kendaraan usai menempuh perjalanan. Jarak yang kurang lebih berkisar antara 1000-2000 km, membuat warna oli akan menjadi coklat kekuningan.

2. Hitam
Warna oli berubah menjadi hitam bisa disebabkan oleh dua hal. Yang pertama adalah jika kendaraan melakukan perjalanan dengan jarak tempuh lebih jauh dari jumlah di atas. Akan tetapi jika itu tidak anda lakukan, tapi warna oli anda tetap hitam, bisa jadi itu karena kerusakan mesin yang terjadi pada mobil anda.

3. Putih Pekat
Oli berubah menjadi warna putih susu jika tercampur dengan air. Hal ini bisa jadi karena kondisi mesin anda yang sudah kurang baik.

Baiknya segera periksakan ke bengkel terdekat dan terpercaya, lakukan pengecekan. Jangan sungkan untuk memperbaiki sedikit saja kerusakan karena ini bisa memperkecil jumlah kocek yang harus anda keluarkan.

 

Sumber:

Hits: 3109