Mengatur Barang Bawaan Juga Penting Bagi Keselamatan

User Rating: Rating Star BlankRating Star BlankRating Star BlankRating Star BlankRating Star Blank / 0
PoorBest 

Konsentrasi menjadi persyaratan penting yang turut menentukan kesigapan, kelincahan dan kecermatan kita mengendarai mobil. Jangan sampai melamun atau terlalu membagi pikiran kita ke masalah-masalah lain yang berpotensi mengalihkan konsentrasi kita dari kondisi jalan. Risikonya sangat fatal, bisa mengakibatkan kecelakaan.

Di antara sekian banyak masalah yang berpotensi mengganggu konsentrasi berkendara adalah barang bawaan. Coba saja ingat-ingat, Anda mungkin sering mengalami keadaan seperti ini: saat mau berangkat kerja atau hendak menuju ke suatu tempat, otak kita sibuk memikirkan apakah barang bawaan kita sudah lengkap, pikiran tersebut terus mengganggu kita sepanjang perjalanan sehingga konsentrasi kita mudah terganggu. Bisa juga sebuah kecelakaan terjadi hanya gara-gara alat komunikasi kita berdering dan jatuh ketika kita berusaha mengambilnya.

Karena itu, terkait dengan barang bawaan, ada beberapa poin yang harus kita perhatikan:

  1. Sebelum masuk ke dalam mobil, periksa lagi barang bawaan satu persatu. Pastikan tidak ada yang ketinggalan. Jika perlu, buka lagi saku tas agar benar-benar yakin bahwa seluruh peralatan, dokumen dsb yang diperlukan telah terbawa semua.
  2. Sambil menunggu mesin mobil panas, letakkan barang-barang yang mungkin diperlukan di tengah perjalanan. Misalnya, SIM, STNK, kartu parkir, uang receh, kaca mata, air minum, makanan kecil, hand phone atau alat komunikasi lainnya. Letakkan seluruhnya di tempat yang mudah dijangkau. Jangan sampai kita kerepotan ketika barang-barang itu tiba-tiba kita perlukan.
  3. Bagi para pengendara wanita, gunakan kesempatan menunggu mesin panas untuk berkaca dan berdandan. Jika sedang mengendarai mobil, jangan biasakan merias diri ketika mobil sedang berhenti di lampu merah.
  4. Khusus barang-barang yang sangat bernilai (misalnya laptop) letakkan di tempat yang tidak mudah dilihat dari luar. Ini sangat berguna dalam mencegah tindak kriminal di perjalanan.
  5. Terkait dengan dering alat komunikasi, jangan paksakan untuk menjawab panggilan jika kondisi tidak memungkinkan. Sangat baik juga bila menggunakan hands free atau blue tooth jika memang harus berkomunikasi dalam perjalanan.
  6. Setelah sampai di lokasi, jangan langsung mematikan mesin. Rapikan dulu barang-barang bawaan, baru putar kunci kontak ke posisi "OFF". Selain memberi waktu untuk mendinginkan mesin, langkah ini juga berguna dalam mencegah kemungkinan kunci tertinggal di dalam mobil akibat kita terlalu konsentrasi terhadap barang bawaan.

Sumber:

Hits: 2198