Bahaya Kaleng Berisi Gas Bertekanan

User Rating: Rating Star BlankRating Star BlankRating Star BlankRating Star BlankRating Star Blank / 0
PoorBest 
Jangan meninggalkan kaleng berisi gas bertekanan (apapun jenisnya) di dalam kendaraan dimana kaleng tersebut dapat terpapar langsung sinar matahari!

Apa yang ada di dalam kaleng aerosol?

Dalam kaleng aerosol ada dua: produk dan propellant (zat pendorong). Ada dua tipe propellant: gas yang dikompresi (compressed gas, seperti nitrogen atau karbondioksida) dan gas yang dicairkan (liquified gas, contohnya butana, isobutana, propana).

Biasanya keperluan rumah tangga saat ini menggunakan tipe yang kedua. Di dalam kaleng, uap menghasilkan tekanan untuk mendorong produk keluar. Makin turun level produk, semkin banyak propellant yang menguap untuk mempertahankan tekanan yang konstan di atas produk.

Insiden yang terjadi seperti yang ada pada gambar di samping ini terjadi di suatu pabrik penyulingan minyak (refinery) di daerah Beaumont, Texas.

Sebuah kaleng deodorant spray tertinggal di belakang mobil yang diparkir di lapangan terbuka di tengah teriknya siang hari.

Tanpa ba-bi-bu terlebih dulu, kaleng tersebut meledak di dalam mobil. Untunglah, tidak ada orang yang berada di dalam mobil atau di dekatnya saat insiden itu berlangsung

 

Sumber:

Hits: 3827