Mobil Terbalik, Jangan Panik!

User Rating: Rating Star BlankRating Star BlankRating Star BlankRating Star BlankRating Star Blank / 0
PoorBest 

Kecelakaan lalu lintas adalah sesuatu yang sangat tidak diharapkan oleh para pengemudi dan pengguna jalan yang lainnya. Namun demikian, walau diri kita telah berhati-hati saat mengemudi di jalan, ternyata masih saja tertimpa musibah. Namanya saja musibah, tiap orang tentu tak mengharapkannya bukan?

Suatu ketika, kita sudah berhati-hati dalam mengemudikan kendaraan, namun karena kelalaian dari pengguna jalan yang lain, musibah datang tak terelakkan. Nah, selain kita tetap perlu memulai sikap disiplin dalam mengemudi di jalan, ada baiknya pula kita mempersiapkan diri kita untuk hal terburuk yang bakal terjadi di jalan.

Bukannya berharap bahwa kita akan menemui hal yang sangat tidak mengenakkan tersebut. But, who knows? Toh, hal ini juga memberi masukkan yang positif bagi kita juga, agar kita bisa melakukan tindakan penyelamatan pertama, untuk menghindari terjadinya hal yang lebih buruk lagi.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan, jika suatu saat Anda mengalami suatu keadaan, sehingga menyebabkan mobil yang Anda kendarai terbalik. Pentingnya langkah awal ini, untuk membantu Anda dalam menyelamatkan diri Anda, sambil menunggu bantuan datang dari pihak yang lain.

  1. Tetap tenang dan jangan panik. Buatlah diri Anda untuk tetap sadar, semampu Anda, walau bagaimanapun kondisinya. Hal ini sangat penting untuk menghindari tindakan yang lebih gegabah. Selanjutnya, jika Anda mampu, cobalah untuk berteriak meminta tolong atau segera meraih telepon mobil atau telepon selular anda, dan menghubungi pihak yang berwajib.
  2. Jika mobil dalam kondisi terbalik, bisa saja body mobil dan atap akan remuk serta menjepit diri anda. Jika demikian keadannya, usahakan untuk tidak melakukan gerakan sedikitpun, untuk mengantisipasi adanya bagian dari tubuh Anda, yang secara tidak Anda sadari, terjepit dan mengalami patah tulang. Sebab, tulang yang patah bisa menyebabkan kerusakan pada bagian syaraf. Jadi, sekali lagi, tetaplah tenang.
  3. Jika kaca jendela atau kaca depan mobil retak dan nyaris pecah, mungkin karena tertahan oleh lapisan kaca 'film', janganlah anda mencoba menyingkirkannya. Kondisi kaca yang telah rapuh bisa menyebabkan kaca tersebut berantakan dan akhirnya melukai tubuh Anda. Ingat, mata Anda adalah bagian tubuh yang sangat lembut dan mudah terluka. Alihkan saja pandangan Anda dari depan kaca yang menggantung itu, dan berusahalah untuk tidak menyenggol bagian tersebut.
  4. Kenakanlah selalu sabuk pengaman, saat Anda mengemudikan mobil Anda. Perangkat penyelamat ini sangat vital dan berfungsi sebagai pengikat tubuh, agar saat terjadi benturan keras, badan pengemudi atau penumpang tidak terpental. Pemakaian sabuk pengaman di saat mobil terbalik, memungkinkan tubuh Anda berada tak jauh dari posisi duduk semula. Hal ini lebih baik, daripada terpental keluar, atau kemudian terjepit oleh body mobil yang remuk.
  5. Jika dalam kejadian tersebut, Anda mencium bau bahan bakar yang sangat tajam, segera ambil tindakan. Namun, sekali lagi, jangan panik. Coba gerakkan bagian-bagian tubuh Anda, terutama tangan dan kaki. Jika Anda merasa mampu, usahakan sekuat tenaga dan secepat mungkin untuk mengeluarkan tubuh Anda dari dalam mobil, dari celah yang ada dan memungkinkan, yakni bagian jendela mobil atau kaca depan. Sebab nyawa Anda yang lebih utama, bukan? Pastikan bahwa tak ada kaca mobil yang masih menggantung. Dan setelah berhasil keluar, segera menjauh dari mobil, untuk menghindari kemungkinan mobil akan terbakar dan segeralah mencari pertolongan.

Sebagai tindakan preventif atau pencegahan, periksalah kondisi mobil Anda, sebelum Anda mengendarainya. Kelalaian dalam memeriksa kelayakan mobil sebelum berkendara, terutama kondisi ban dan rem, diperkirakan menjadi penyebab kecelakaan mobil yang sangat fatal, hingga menyebabkan mobil terbalik.

Selain itu, hindari gaya mengemudi yang 'ugal-ugalan', terlalu percaya diri dan 'egois' alias tidak mempedulikan kepentingan pengguna jalan yang lainnya. Kondisi tubuh juga perlu diperhatikan, sehingga jangan sampai Anda mengemudikan mobil dalam kondisi tubuh yang lelah dan mengantuk. Carilah tempat untuk beristirahat, hingga tubuh Anda kembali segar dan siap melanjutkan perjalanan.

Sumber:

Hits: 2370