Bagian-bagian Penting Jalan Tol

User Rating: Rating Star BlankRating Star BlankRating Star BlankRating Star BlankRating Star Blank / 0
PoorBest 


Anda tentu sering mengemudi di jalan tol. Bagian-bagian penting jalan tol perlu Anda ketahui agar perjalanan Anda nyaman dan aman.

Jalan Penghubung : jalan yang menghubungkan jalan tol dengan jalan raya biasa.

Gerbang Tol : tempat Anda mengambil tiket tol atau membayar uang tol.

Simpang Susun : jalan layang yang berada di atas jalan tol atau jalan lainnya.

Rambu Lalu Lintas : rambu-rambu dan penunjuk jalan, yang memberikan peringatan maupun informasi arah jalan kepada Anda.

Alat Panggil Darurat : alat komunikasi bagi Anda untuk menginformasikan gangguan yang Anda alami di jalan tol kepada petugas.

Penahan Silau : alat yang digunakan untuk menahan pantulan lampu dari arah berlawanan, sehingga tidak mengganggu pandangan Anda dalam mengemudi.

Guardrail : pagar pengaman yang membatasi antara jalan tol yang berlawanan arah. Hal ini untuk menghindari tabrakan dari arah yang berlawanan, jika terjadi kecelakaan.

Tempat Peristirahatan : tempat khusus di jalan tol yang dapat Anda gunakan untuk beristirahat jika mengalami kelelahan atau mengantuk dalam perjalanan. Tempat ini juga dilengkapi toilet, musholla dan kantin.

Bahu Jalan : tempat kendaraan berhenti dalam keadaan darurat ketika mengalami gangguan pada kendaraan. Anda tidak diperkenankan mendahului kendaraan lain melalui jalur ini.

Median : jarak pemisah antar jalan tol yang berlawanan arah. Biasanya dilengkapi dengan Guardrail dan penahan silau.

Jalur 1-2-3 : jalur 1 untuk jalur lambat (biasanya untuk kendaraan truk dan bus), jalur 2 untuk kendaraan dengan kecepatan yang lebih cepat, dan jalur 3 adalah jalur untuk mendahului kendaraan yang ada di depannya.


Sumber: Toyota Astra

Hits: 2734