Aman Melakukan Pengereman

User Rating: Rating Star BlankRating Star BlankRating Star BlankRating Star BlankRating Star Blank / 0
PoorBest 

Ketika sedang mengendarai kendaraan, kita seringkali harus melakukan pengereman secara mendadak baik itu di jalan raya maupun di jalan tol. Ketika dalam kondisi tersebut, seringkali kita menjadi panik dan salah mengambil keputusan. Hal ini dapat membahayakan diri sendiri ataupun pengguna jalan lainnya. Oleh karena itu, berikut ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika melakukan pengereman secara mendadak:

  • Bagi mobil yang sudah mengadopsi teknologi ABS, sebaiknya tekan pedal rem sedalam mungkin, apabila pedal bergetar jangan panik dan jangan angkat dari pedal. Getaran pada pedal rem ini menunjukkan bahwa sistem ABS bekerja.
  • Sedangkan bagi mobil yang belum ABS, untuk menghindari terjadinya blocking pada rem kendaraan anda, sebaiknya pedal rem diinjak secara bertahap. Maksudnya ialah pedal rem diinjak secara mantap lalu diangkat sedikit lalu diinjak kembali.
  • Untuk membantu kerja rem, sebaiknya dibantu dengan memindahkan gigi transmisi ke posisi lebih rendah, maksudnya ialah seandainya anda pada saat melakukan pengereman berada pada posisi gigi 4, sebaiknya diturunkan secara bertahap ke gigi 3 lalu 2, dan satu. Hal ini membantu pengereman dengan melakukan engine brake.
  • Perhatikan jarak kendaraan anda dengan kendaraan di belakang Anda, hal ini untuk menghindari anda ditabrak dari belakang.
  • Ketika sedang melakukan pengereman, pegang kemudi stir dengan mantap, hindari gejala oversteer ketika sedang melakukan pengereman mendadak karena anda tidak dapat mengontrol laju kendaraan.
  • Hidupkan lampu hazard ketika memang diperlukan untuk memberikan tanda kepada kendaraan dibeakang anda agar menjadi lebih waspada.

Sumber: Toyota Astra

Hits: 2404