All New Vios Lebih canggih dan berkelas

User Rating: Rating Star BlankRating Star BlankRating Star BlankRating Star BlankRating Star Blank / 0
PoorBest 

Toyota Vios

Sepuluh tahun kehadirannya di Indonesia, Toyota Vios ternyata cukup fenomenal. Bertahun-tahun Vios memimpin pasar di kelasnya.


Bahkan, lewat varian khusus untuk taksi melalui label Limo, permintaannya jauh melebihi pasokan yang ada. Toyota hanya mampu memenuhi sekitar 10.000 unit per tahun, padahal permintaan untuk taksi lebih dari 20.000 unit.

“Demand Vios memang luar biasa. Bahkan, untuk taksinya, Limo mendominasi 90 persen taksi di Indonesia. Malah, suplainya sudah tidak ada. Makanya sekarang banyak taksi menggunakan merek lain karena memang tidak ada pasokan dari Toyota,” kata Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) Johnny Darmawan.

Kini, PT TAM kembali menghadirkan “wajah baru” Vios untuk memenuhi kebutuhan para pencinta sedan akan kendaraan yang nyaman, spacious, dinamis, dan advance. Dengan kehadiran The All New Vios yang diluncurkan di Jakarta pada Selasa (7/5) itu, PT TAM ingin memperkuat dominasinya di segmen sedan. “Tampilan baru Vios ini memperkuat kesan prestisius dan dinamis,” kata Johnny.

Dijelaskan, sebenarnya, wajah baru Vios itu sebagai respons antusiasme dan loyalitas para pengguna setia Toyota Vios dengan memberikan penyegaran dan pengembangan terkini. Termasuk, dengan tampilan terbaru yang atraktif, lanjut Johnny, pihaknya ingin menepis anggapan bahwa Toyota hanya memiliki sedan konservatif.

Ia optimistis The All New Vios yang dijual lebih mahal Rp 20 juta dari seri sebelumnya itu bisa diterima dengan baik dan terus memimpin pasar. Dalam beberapa tahun terakhir, pangsa pasar Toyota Vios di segmen sedan entry menunjukkan tren positif, dengan pangsa pasar di atas 40%. Pada 2012, Toyota Vios membukukan total penjualan sebanyak 3.122 unit dengan pangsa pasar 47% di kelasnya.

“Segmen sedan merupakan segmen yang istimewa. Penggunanya adalah mereka yang mengekspresikan karakter personal melalui kendaraannya. Penggunanya juga mengutamakan hal-hal seperti kenyamanan, performa, dan desain,” kata Johnny.
Dikatakan, Toyota Vios diperkenalkan pertama kali di Indonesia pada 2003. Dalam kurun 10 tahun eksistensinya di pasar sedan nasional, Toyota Vios sudah mengalami sejumlah penyegaran, di mana perubahan menyeluruh terakhir kali dilakukan pada 2007.

Pada 2010, Toyota Vios mengalami penyegaran kembali. “Untuk perubahan kali ini The All New Vios menawarkan desain interior dan eksterior yang lebih atraktif, adanya perubahan dimensi kendaraan yang lebih roomy, dilengkapi fitur-fitur canggih, tetapi tetap mempertahankan konsep value for money. Sebab, menawarkan fuel saver dan speed maker,” urainya.

Internet di Kabin

Chief Engineer Vios Takeshi Matsuda menjelaskan, terdapat perubahan signifikan pada desain eksterior The All New Vios. Terutama di bagian depan. Kombinasi trapezoidal grille dan desain baru lampu utama memberikan tampilan khas dan unik Toyota.

Pada varian tertinggi (tipe G), The All New Vios dilengkapi foglamps dan agressive new projection headlamp. Tautan garis pada rear combination lamp-nya memberi kesan mewah yang dinamis dan elegan.

Untuk menunjang unsur dinamis, The All New Vios dilengkapi dengan fitur baru, yakni aero stabilizing fins dan Catamaran shape roof.

Sedangkan bagian interior, mobil terbaru ini menawarkan konsep eksklusif, mewah, dan lapang. “Sehingga nyaman pada saat berkendara maupun di baris kedua,” kata Matsuda.

Tak hanya itu, di kabin, pengendara dan penumpang juga dimanjakan dengan audio system canggih dan infotainment system baru (tipe G). Juga ada fasilitas koneksi internet (internet browser, wifi receiver, USB port), dan M-Toyota application yang berisi informasi mengenai dealer resmi Toyota, service berkala, panduan singkat berkendara, dan sebagainya).

Tak hanya itu, fitur canggih lainnya adanya Gesture & Voice Command di mana mengoperasikan berbagai fitur secara mudah dengan sentuhan jari tangan dan perintah suara. Juga ada fasilitas phone synchronization lewat teknologi Digital Living Network Alliance. Selain itu, adanya wireless auto answer di mana pengendara bisa menerima panggilan telepon tanpa mengganggu kenyamanan berkendara.

Menurut Matsuda, untuk mesin, The All New Vios masih menggunakan mesin lama yakni 1-NZ FE ETCS-i 1.5 liter 16 valve DOHC engine dengan VVT-i technology yang memberikan akselerasi terbaik dan power yang optimal, tetapi tetap hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.

Sementara untuk warna, The All New Vios mempunyai tiga pilihan yakni Red Mica Metallic, Quartz Brown Metallic, dan Silky Beige Metallic. Pilihan warna baru ini melengkapi warna yang sudah ada sebelumnya, Silver Metallic, Dark Grey Metallic, dan Attitude Black Mica.

Hits: 1960