Tsunami Jepang Renggut 260 Ribu Mobil Toyota

User Rating: Rating Star BlankRating Star BlankRating Star BlankRating Star BlankRating Star Blank / 0
PoorBest 

JEPANG- Sudah satu bulan lebih bencana gempa bumi yang diikuti terjangan tsunami dahsyat menyapu beberapa daratan di Jepang.

Akibat kejadian tersebut, kini setidaknya ada tujuh pabrikan mobil yang mengatakan bahwa mereka telah kehilangan ribuan mobil hasil produksinya yang rusak maupun hilang tersapu tsunami.


Dari data yang didapat 7 pabrikan tersebut, hingga bulan April ini jumlah unit yang hilang atau rusak sudah mencapai angka 516.000 unit atau lebih dari setengah juta unit. Bahkan angka tersebut diperkirakan akan terus bertambah.

Parahnya lagi, banyak pabrik yang tidak bisa memulai produksi karena masih banyak komponen yang belum tersedia. Akhirnya mereka terpaksa beroperasi dengan tingkat produksi yang terendah.

Seperti dilansir Carscoop , Rabu (13/04/2011), perusahaan yang harus mengalami kehilangan unit nya adalah Toyota dengan angka 260.000 unit. Toyota memiliki 18 pabrik di Jepang, dan hanya dua yang bisa dibuka kembali sejak tsunami menimpa negara Jepang.

Ditempat kedua diisi oleh Honda dengan total kerugian 58.000 unit. Di jepang Honda hanya memiliki 2 pabrik, dan kini mereka mulai melakukan kegiatan produksi walau hanya mampu setengah dari kapasitas biasanya.

Posisi ketiga terbanyak kehilangan kendaraan diduduki oleh Nissan yang mencapai hingga 55.000 unit kendaraan. Lantas Suzuki mencapai 59.000 unit. Mazda kehilangan 43.000 kendaraan, sedangkan Subaru tercatat 29.000 kendaraan yang hilang pada 5 April. Terakhir, jumlah produk Mitsubishi yang hilang mencapai 26.000 unit.

 

Hits: 1997