Model Terlaris 2011

User Rating: Rating Star BlankRating Star BlankRating Star BlankRating Star BlankRating Star Blank / 0
PoorBest 

Toyota Avanza tidak tergoyahkan sebagai mobil terlaris di Indonesia. Untuk kuartal pertama 2011, model ini sudah terjual 46.228 unit atau memperoleh pangsa pasar 21,1 persen dari total penjualan mobil di Indonesia (mobil penumpang dan komersial).

Jika dibandingkan dengan kendaraan jenis penumpang, maka pangsa pasar Avanza sebesar 30 persen. Berarti, setiap transaksi tiga mobil penumpang, baik MPV, SUV, sedan, maupun mobil mewah lain, salah satunya pasti Avanza! Hebat! 

Saudara kembarnya, Daihatsu Xenia, yang menggunakan mesin 1,0 liter dan 1,3 liter, tidak bisa mempertahankan posisi kedua pada kuartal pertama 2011. Xenia digeser oleh Nissan Grand Livina (dengan pilihan dua mesin, 1,5 liter dan 1,8 liter, tidak termasuk Livina) yang berhasil menduduki posisi kedua.  

Kendaraan komersial
Dari 10 kendaraan yang paling laku di Indonesia pada kuartal-1 2001, terdapat tiga kendaraan komersial. Ketiganya adalan Mitsubishi Canter 6-ban (terdiri dari dua pilihan mesin), Suzuki Carry PU, dan Daihatsu Gran Max PU (juga terdiri dari dua pilihan mesin, 1,5 liter dan 1,3 liter).

Pergeseran posisi mobil terlaris terjadi pada SUV "bawah". Toyota Rush kembali menggeser saudara kembarnya, Daihatsu Terios. Sementara itu, jarak Honda Jazz dan Toyota Yaris semakin dekat. Jika Honda belum juga meluncurkan Jazz facelift, maka ada kemungkinan bahwa posisinya akan digeser oleh Yaris.

Model yang masuk 10 besar adalah Nissan March. Sementara itu, SUV seperti Honda CRV, Toyota Fortuner, dan Mitsubishi Pajero Sport harus keluar dari 10 besar kuartal pertama 2011.

Berdasarkan merek dan khusus kelas kendaraan penumpang, Toyota menempatkan paling banyak model sebagai yang terlaris. Model-model itu antara lain sang juara Avanza, Kijang Innova, Rush, dan Yaris.

Di posisi berikutnya ada Nissan dengan Grand Livina dan March. Daihatsu di posisi ketiga dengan Xenia dan Terios. Adapun Honda kini punya satu andalan, yaitu Jazz. Sementara itu, Suzuki masih mengandalkan APV.

 

 

Sumber: KOMPAS.com

Hits: 2396