Toyota umumkan penghentian produksi akibat pasokan suku cadang

User Rating: Rating Star BlankRating Star BlankRating Star BlankRating Star BlankRating Star Blank / 0
PoorBest 

Raksasa kendaraan asal Jepang, Toyota, mengumumkan penghentian produksi di lima pabriknya di Eropa selama beberapa hari pada bulan April dan Mei.

Kelima pabrik itu adalah yang dibangun di Inggris, Wales, Turki, Polandia serta Prancis.

Penghentian ini dilakukan akibat kurangnya pasokan dari Jepang meyusul gempa dan tsunami yang terjadi disana bulan lalu.

Pengumuman ini muncul sehari setelah Toyota juga mengumumkan penghentian sementara produksinya di Amerika Utara.

Pabrik dalam negeri Toyota sudah kembali beroperasi, tetapi masih dalam kapasitas terbatas yang jauh dibawah standar normalnya.

Pabrik-pabrik di Jepang itu juga akan ditutup kembali antara tanggal 27 April dan 9 Mei, meskipun dalam masa itu juga terdapat hari libur untuk perayaan tradisi Pekan Emas.

"Meski sebagian besar suku cadang kami diproduksi di Eropa, namun kami tetap mengalami masalah pasokan akibat situasi di Jepang saat ini," kata Didier
Leroy, President dan CEO Toyota Motor Eropa dalam pernyataannya.

Seperti ditulis kantor berita AFP, situasi terakhir Jepang turut mewarnai menurunnya kinerja Toyota di mata lembaga standar pemeringkat Moody.

Pekan lalu Toyota terancam mendapat penurunan rating pada kredit jangka panjangnya oleh Moody, sebulan setelah Standard & Poor menurunkan rating yang sama untuk Toyota.

Sumber: BBC

 

Hits: 2365