Toyota Yaris 2012, Lebih Nyaman Dan Lega

User Rating: Rating Star BlankRating Star BlankRating Star BlankRating Star BlankRating Star Blank / 0
PoorBest 

Yaris 2012Ada dua mobil baru yang memrpesona saat bertandang ke booth Toyota di gelaran Dubai International Motor Show 2011 di Dubai International Conventional & Exhibition Centre (10/11). Pertama All New Camry dan Yaris 2012.


Dari keduanya, yang lebih bikin penasaran adalah Yaris. Pasalnya hatchback ini berubah total dari ekterior hingga interior. Mau tahu rasanya?

 

Yaris 2012

TAMBAH PANJANG

Dari penampilan, Yaris yang diluncurkan di akhir 2010 lalu ini memang beda jauh. Terlihat dari suguhan bodi yang kini lebih dinamis dan mewah dari sebelumnya.

Terlebih menyaksikan moncong depan dengan desain gril radiator dan logo Toyota yang menjadi identitas model-model baru pabrikan otomotif terbesar Jepang ini.

Headlamp tampak lebih mewah dipadu bumper dengan lubang hawa yang dirancang besar sekaligus bumper yang tidak lagi membulat tapi sekarang sedikit mengotak dengan garis-garis tegas.

Bagaimana belakangnya? Hmm...keren juga ! Terutama melihat desain baru lampu yang di generasi ketiganya ini lebih besar dan melancip. Paduan warna merah dan putihnya memunculkan kesan mewah.

Secara dimensi, tak berbeda jauh,  kelihatan sedikit membesar. Membaca data spesifikasinya yang dibagikan SPG di stand Toyota, tercatat kalau Yaris ini lebih panjang.

Persisnya lebih panjang 135 mm dari 3.750 mm ke 3.885 mm. Wheelbase pun meningkat dari 2.450 mm ke 2.510 mm.  Tingginya terpangkas 12 mm. Tapi lebarnya tetap, yakni 1.695 mm.

Yaris 2012Di luar berubah, apa juga terjadi di dalam? Masuk ahh...  Jelas,  kalau Yaris ini  mengalami major change luar-dalam. Karena pemandangan terlihat berbeda.

Mulai dasbor  yang didesain symetrical dan ergonomis sehingga pengemudi lebih bisa lebih fokus. Khususnya panel instrumen (spidometer) yang kini persis ada di depan mata.

Soal kenyaman pun agaknya ditingkatkan. Mulai duduk di jok depan sampai ketika pindah ke bangku belakang. Baik di depan atau belakang, ruang kabinnya lebih luas.

Boleh jadi karena wheelbase-nya melar 6 cm. Bahkan klaimnya, mempunyai ruang bagasi yang lebih luas 12 liter dari Yaris lamanya.

Yaris 2012


Rasa penasaran akhirnya terjawab. Dengan perubahan total, Yaris ini  sebenarnya bisa menjadi andalan baru Toyota di kelas B-segment.

Tapi, buat Anda yang kepincut dengan Yaris ini sepertinya harus gigit jari. Karena PT Toyota Astra Motor (TAM), APM Toyota di Indoneia tidak akan mendatangkan Yaris 2012 ini.

Kabarnya sih, TAM hanya mengeluarkan Yaris lama yang hanya di-facelift.

Hits: 7574