Komparasi Toyota New Rush S Transmisi Manual vs Otomatis

User Rating: Rating Star BlankRating Star BlankRating Star BlankRating Star BlankRating Star Blank / 0
PoorBest 

Jakarta - Kehadiran mobil SUV berbadan tinggi selalu mendapat tempat di hati konsumen Tanah Air. Pertama, mobil ini pasti punya kabin relatif lega. Selain itu, postur jangkung bikin kendaraan ini lebih ramah buat dipakai pada jalanan lokal yang punya banyak kontur gelombang dan bahkan berlubang.

Info : Paket Kredit Rush MT AT

Terlebih dengan curah hujan tinggi akhir-akhir ini, akan lebih tenang membawa mobil tinggi buat melibas genangan air, kalau tak mau dibilang banjir. Toyota New Rush kembali hadir dengan menawarkan berbagai ubahan nan menyegarkan

TestRush Lead2

EPS

Tentu paling nikmat naik New Rush S A/T. Pasalnya, varian kasta tertinggi dengan banderol Rp 214,8 juta ini dilengkapi dengan transmisi otomatis.

Pastinya, lebih enak buat bermacet ria di jalanan Ibukota Jakarta ketimbang manual (Rp 200,8 juta) yang masih harus pindah gigi dan injak kopling.

Mencermati tuas transmisi, ada yang berbeda ketimbang model lawas. Pada tongkat model gate ini, sekarang sudah dilengkapi tombol shift release.

Fitur ini bikin mobil lebih aman, karena tongkat harus ditaruh di posisi ‘P' sebelum kunci bisa dicabut saat mematikan mesin. Sehingga mobil pun tidak akan menggelinding kalau parkir di tanjakan atau turunan.

Kecuali butuh parkir paralel, tekan tombol shift release buat menggerakkan tuas ke posisi ‘N' agar mobil bisa dorong maju atau mundur.

Perpindahan transmisi otomatis terasa halus dan nyaman. Sementara itu, kenyamanan interior sama persis dengan varian manualnya. Dasbor anyar dengan nuansa aluminium di tengah membuat kesan lebih mewah. Kenyamanan pendingin ruangan pun lebih maksimal karena kenop kipas AC kini punya 4 setelan dibanding versi lawas yang hanya 3.

Sehingga embusan angin bisa lebih disesuaikan dengan kebutuhan. Terbukti untuk setelan kipas 1 terasa lebih pelan ketimbang setelan 1 di model lama.

Audio pun bikin menyetir lebih nyaman. Pasalnya, selain ubahan head unit menyatu dasbor, kali ini New Rush menawarkan sensasi sentuhan tombol audio di lingkar kemudi. Menyetel volume atau pilah-pilih stasiun radio kesayangan pun cukup dengan sentuhan jempol kiri tangan yang masih menggenggam kemudi.

Bicara soal lingkar kemudi, putarannya enteng. Hal ini kian membuktikan kalau fitur EPS (Electric Power Steering) cukup mumpuni menggantikan peranti hidraulis. Ringannya putaran setir pun cukup konstan ketika diputar sedikit sampai ditekuk maksimum. Sayangnya, ada bunyi dan getaran cukup signifikan terasa sampai setir ketika mobil diajak melibas jalan jelek.

TestRush Lead1
Ground Clearance 20 cm cukup tinggi untuk diajak ‘nakal’ seperti ini

Performa New Rush cukup mumpuni buat mengarungi kemacetan ibukota, menyusuri jalan tol maupun jalanan berliku di luar kota. Kabar EPS bisa membuat efek pada performa pun tercatat pada tes akselerasi. Dari data New Rush S A/T, akselerasi 0-100 km/jam 15,6 detik, lebih tajam dari Rush lawas yang 16,3 detik. Pun demikian akselerasi sejauh 402 meter seperti drag race, New Rush mencatat 19,9 detik, lebih cepat dari yang lama 21,3 detik.

Sayangnya, kami tidak mendapat kesempatan mengambil data Rush manual lawas sehingga tidak bisa membandingkannya dengan yang baru. Sementara catatan konsumsi BBM tidak jauh berbeda dengan yang lama dan cenderung serupa. Misal konsumsi konstan Rush lama 1:14 dan yang baru 1:13,8. sumber : (mobil.otomotifnet.com)

Data Spesifikasi
Dimensi (pxlxt) 4405 x 1745 x 1.740 mm
Wheelbase 2.685 mm
Ground clearance 200 mm
Radius putar 4,9 meter
Berat kosong 1.200 kg (A/T), 1.185 (M/T)
Mesin 3SZ-VE 4 silinder DOHC VVT-i
Kapasitas 1.495 cc
Tenaga maksimum 109 dk/6.000 rpm
Torsi maksimum 141,2 Nm/4.400 rpm
Transmisi Manual 5 percepatan , Otomatis 4 percepatan
Suspensi depan MacPherson Strut, coil spring
Suspensi belakang 4 link coil spring with lateral rod
RemCakram (depan), teromol (belakang) + ABS, EBD
Kemudi Rack and pinion, EPS
Roda 235/60R16
Harga Rp 214,8 juta (A/T)Rp 200,8 juta (M/T)

 

Hasil Tes
Akselerasi New Rush A/T New Rush M/T
0-100 km/jam 15,9 detik 13,8 detik
40-80 km/jam 6,4 detik 5,8 detik
0-402 meter 19,9 detik 19,3 detik
Konsumsi BBM
Dalam kota 1/8,8 1/9,5
Luar kota 1/12,5 1/11,7
Konstan 100 km/jam 1/13,8 1/12,8Toyota

HOT NEWS!!! Promo Toyota Rush AT MT Bandung

Info Harga Toyota Rush AT MT Bandung

Dealer Toyota Bandung

Hits: 12142