Periksa Anak Kunci, Adakah Plat Kecil Masih Menggantung?

User Rating: Rating Star BlankRating Star BlankRating Star BlankRating Star BlankRating Star Blank / 0
PoorBest 

Berikut ini informasi khusus untuk para pengendara pemula. Tepatnya, pengendara yang belum menyadari secara detail maksud di balik pemberian beberapa anak kunci di setiap pembelian mobil baru. Sebab, masih ada pengendara yang kurang tepat memilih anak kunci. Mereka tidak memperhatikan bagian mana yang seharusnya disimpan, dan mana yang bisa dibawa-bawa setiap berkendara.

Biasanya, dealer akan menyerahkan tiga buah anak kunci dalam satu pengait berbentuk lingkaran. Pada pengait itu juga tergantung sebuah “plat” atau lempengan logam tipis. Untuk mengoperasionalkan mobil sehari-hari, ambillah salah satu anak kunci dan satu buah lagi untuk mengantisipasi seandainya mobil Anda mengalami locksmith (pintu tak sengaja terkunci dengan anak kunci berada di dalam mobil).

Kekeliruan kecil yang kami maksud adalah: saat memilih satu diantara anak kunci tadi, pengendara mengambil satu anak kunci beserta plat tipisnya. Seharusnya, plat ini disimpan di rumah, dan baru digunakan jikalau pengendara kehilangan anak-anak kunci lainnya. Karena, pada plat tadi terdapat nomor seri yang memudahkan pemilik mobil mendapatkan anak kunci pengganti apabila suatu saat anak kunci utama tersebut hilang.

Begitulah petunjuk yang tertera pada buku Pedoman Pemilik.  Tujuannya, “Jikalau Anda kehilangan kunci Anda atau jika Anda perlu kunci tambahan, dealer bisa membuat duplikat baru dengan melihat nomor seri pada plat itu.” Makanya, disarankan juga agar pengendara mencatat nomor tersebut dan menyimpannya.

Memang, tampaknya sangat sederhana.  Meskipun kelihatan tidak terlalu penting, tetapi cukup merepotkan seandainya suatu ketika anak kunci benar-benar hilang.

Nah, agar tidak mengalaminya, periksalah kembali anak kunci mobil Anda. Semoga pada anak kunci mobil Anda benar-benar tidak ada plat kecil yang seharusnya memang tersimpan rapi di rumah.

 

Sumber:

Hits: 2774